Cara termudah untuk menjadi kaya dan pensiun kaya raya adalah dengan membangun asset yang lebih spesifiknya adalah Pasive income. Pasive income adalah pendapatan yang akan anda dapatkan walau anda tidak bekerja.

Saya memang suka bekerja dan dalam pikiran saya saya tidak ingin pensiun, karena bagi saya tidak bekerja dan tidak memberi manfaat untuk orang lain itu MEMBOSANKAN. tetapi saya juga sadar, bahwa kekuiatan saya sebagi manusia terbatas, di suatu titik, kekuatan saya akan menurun dan kalaupun kekuatan banyak tetapi waktu makin tersita dengan berbagai perkara lain yang lebih penting dari uang, misal keluarga, anak, cucu (suatu saat) dan lain sebagainya.

sehingga mau tidak mau saya harus mencari pendatan diman uang yang akan bekerja buat saya dan bukan saya bekerja untuk uang atau PASIVE INCOME.

Berikut beberapa contoh cara membangun Pasive Income

Relasi

Pernahkah anda mendengar “si John, dapat kerjaan karena kenal dengan pimpinan”. Walau sedikit nepotisme, tetapi di lingkungan kerja Bisnis, saya pribadi kalau pilih pegawai, cenderung memilih orang yang sudah saya kenal baik. Karena masa depan perusahaan tergantuug dari orang – orang yang bekerja di dalam perusahaan tersebut. Sehingga TRUST atau kepercayaan menjadi faktor yang sengat penting.

Memang tidak menjadi jaminan bahwa orang yang kita kenal bekerja lebih baik, tetapi saya pribadi akan menjadikan relasi sebagai preferensi khusus.

Menurut saya RELASI adalah salah satu asset paling penting. Ada yang berkata, jika anda tidak berhasil menjual barang ke seseorang (close the sale), maka bangunlah relasi. Mungkin saat itu barang yang anda jual tidak dia perlukan, tetapi kalau relasi anda dengan calon pelanggan yang tidak jadi beli tetap bagus, maka mungkin suatu saat si pelanggan akan membeli di kemudian hari atau merekomendasikan anda ke temannya yang membutuhkan.

Media Sosial

Banyak orang yang menggunakan media sosial hanya untuk sosialisasi, lebih parah lagi buat pamer atau hanya buat menghabiskan waktu, Padahal menudur saya media sosial adalah salah satu cara paling mudah dan paling murah untuk membangun asset.

Ini sifatnya mungkin jangka menengah 2-5 tahun. Selama waktu itum anda posting satu topik yang menjadi ketertarikan anda dan kira – kira orang mau membayarnya. Sebagai contoh kalau anda suka makan, sering – seringlah posting tentang makanan, bangun Audiens (pemirsa) dan suatu saat anda bisa mendapatkan pendapartan apabila restoran yang mau membayar anda untuk me-review makanannya.

Kalau anda suka travelling, secara berkala posting tentang tempat yang anda kunjungi, buat review secara mendalam, sehingga jika ada Spa baru yang buka, anda bisa dibayar untum me-review.

Menulis Buku (e-book)

Saat ini dengan era internet, anda tidak harus mencetak buku yang nmemakan banyak ongkos, anda bisa menulis e-book dan mempublikasikannya lewat Google play misalnya atau amazon kindle. Buku yang anda tulis bisa tentang hal – hal yang menjadi minat dan passion anda.

Membuat Program Komputer (misal Android)

Jika anda memiiliki kemampuan di bidang komputer, membangun prograam komputer akan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Property

Kalau anda punya uang lebih, walausedikit, coba cari – cari info property yang baru dibangun dengan harga / cicilan murah, anda bisa membeli dan menyewakan sebagai sumber pendapatan pasif. Sebagai contoh di JNE langganan saya, memakai lantai 1 sebagai tempat penerimaan paket, dan karena ruko yang dia miliki memiliki 2 lantai, maka si pemiliki menyewakan lantai kedua, sehingga mendapatkan pemasukan ganda dari property yang dimiliki.

Jika anda saat ini nmenempati sebuah ruko, anda juga bisa memakai ide ini.

Investasi (saham, mata uang, dividen, reksadana)

Bagi anda yang mungkin masih cukup sibuk, investasi saham,reksadana , atau mata uang asing, merupakan salah satu investasi yang menjanjikan untuk mempersiapkan pensiun di usia 60 nanti.  Kalau kita kilas balik saat ini dengan 20 tahun lalu, Index harga saham telah bertumbuh lebih dari 10x lipat dalam rentang waktu 1995-2015. kalau reksadana saham banyak yang lebih dari 10x lipat.

Sementara mata uang asung misal US Dollar terus menguat terhadap rupiah, sehingga memiliki mata uang asing dlam portofolio akan memberikan pemasukan tambahan

 

 

 

Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: