Berat Badan : Indikator yang tidak lengkap

Berat badan memang merupakan salah stau indikator penting bagi kesehatan, karena dengan memantau berat badan, kita bisa memantau seberapa besar kita telah kelebihan atau kekurangan berat badan. Ketika sudah mulai berlebihan berat badan,maka ada tindakan yang harus diambil, misal mengurnagi makan atau menambah aktiitas fisik.

Tetapi kesehatan tidak hanya dipatok dari berat badan saja. Karena tidak sedikit juga orang yang kurus tetapi kolestrol tinggi, atau cukup banyak orang yang kurus tetapi terkena penyakit jantung atau stroke.

Lagipula kalau hanya berat badan saja, kita mungkin bisa kurus , tetapi jadinya loyo.

Dalam perjalanan saya mengurangi berat badan, memang pada awlanya saya hanya menggunakan berat badan sebagai acuan, tetapi lama – lama saya menjadi stress sendiri karena berat badanan turunnya lama dan juga fluktuatif banget. Kadang turun 500 gram, trus naik lagi 600 gram dan seterusnya.

tetapi setelah saya mulai mengerti ada berbagai indikator lain, saya menjadi enjoy dan menikmati proses penurunan berat badan. Beberapa indikator selain berat badan antara lain :

Berat beban

Kalau anda juga ber-olahraga jenis resisten / menggunakan beban, gunakan berat maksimal beban yang bisa anda angkat sebagai salah satu patokan. Kalau dulu pas say aberat masih 97 saya hanbya mampu angkat beban 10 kg, saat ini saat ini di berat 84 kg, saya bisa angkat beban hingga 90kg (1x berat tubuh). Sehingga ter ukur, bahwa walau pun berat badan saya turun, tetapi kekuatan dan masa otot meningkat

BUkan hanya itu, tetapi saya juga akhirnya melakukan body pull up tanpa bantuan, dulu harus dibantu beban 50 kg

Repetisi (pengulangan)

Kalau dulu saya hanya bisa push up 6x saja dalam 1x set, saat ini bisa hingga 24x push up per satu set.

Kecepatan Lari

Kalau dulu maksimal di treadmill hanya maksimal 6 kph , saya terus meningkatkan hingga saat ini bisa maksimal 20,1 Kph (walau hanya 30 detik, hehehhe)

Endurance / Daya Tahan

Endurance / daya tahan adalah seberapa lama anda bisa menahan suatu beban fisik tertentu, misalnya berlari dengan kecepatan 15 kph selama 2 menit. BIsa menahan beban tertentu makin lama.

Anda bisa melihat sendiri bahwa ada begitu banyak indikator lain selain berat badan, dan menggunakan hanya berat badan saja sebagai indikator kesehatan, akan memberikan hasil yang tidak sempurna / hanya sebagian saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s