Saya pernah suatu kali membaca ad a pernyataan, say alupa siapa yang menuliskan, kalau ada teman – teman yang tau siapa yang menuliskan,mohon di ingatkan di komen. Saya dapat di internet , begini bunyinya

“Di bawah 5 tahun, perlakukan anak sebagai raja,

antara 5- 10 tahun, perlakukan sebagai pelayan”

Saya mengalami sendiri, saat mendidik anak saya yang saat ini berusia di bawah  5 tahun, pernyataan pertama di atas sungguh benar. Tetapi perlu diingat, bahwa definisi “RAJA” disini bukanlah raja yang tidak bisa salah, ketika si raja salah, tentu kita koreksi donk.

Namun saya melihat dari sisi pengembangan karakter. ANak dengan cepat meniru apapun yang kita perbuat.

Sebagai contoh,  Saya dan isteri seringkali memberikan minum kepada anak kami, bahkan ketika dia tidak minta, kalau kelihatan capek atau haus, kami kasi minum. Suatu ketika mamanya terlihat  capek tiba – tiba Gregori (nama anak kami) ngomong ke mamanya

Gregory : “Mama haus, mau minum?

Mama : “Iya, mau”

Gergory lantas ambil minum trus kasi ke mamanya

Contoh lain, biasanya ketika saya kerja, gregory, nanya

Gregory : “papa lagi apa ?”

PApa : ” Lagi kerja”

Gregory : “Kerja buar apa?”

Papa : “Buat mengambil berkat yang telah Tuhan sediakan”

Geregoy  : “BUat apa ?”

Papa (rada kesal) : “Buat beli mobil – mobilan buat dede” <– ini jawaban yang gregory inginkan hahahaha

Suatu ketika, dia lagi gaya kerja di Laptop, pura – pura ngetik, mamanya nanya “Gory lagi apa ?”

dijawab “Lagi kerja, buat beli obi – obian buat papa”..(papanya mau dibelikan mobil – mobilan 😀 )

Terlihat jelas kan anak akan meniru apapun  yang kita lakukan. Menurut saya, Ketika orang tua memperlakukan anak di bawah 5 tahun seperti raja , orang tua sedang membentuk karakter si anak menjadi baik.

Tidak dulit bentuk karakter anak, sebab dalam umur yang masih sangat kecil, dia akn meniru semua yang orang tua lakukan, entah itu perbuatan yang baik maupun buruk. KAlau orang tua memperlakukan anak dengan kebohongan (suka bohong), maka tidak heran akan akan menjadi pembohong. Ini perlu hati – hati, karena kadang orang tua say alihat suka bohong, misal menjanjiakn sesuatu agar anak mau makan, tetapi tidak ditepati.

Memang kadang kalau anak lagi rewel, saya sendiri suka tergoda untuk menjanjikan sesuatu agar anak bisa nurut, tetapi saya sadar, kalau sampai tidak ditepati, efek jangka panjangnya akan sangat berbahaya, saya sedang merusak karakter anak, Oleh sebab itu, sebelum menjanjikan sesuatu, pastikan anda bisa menepati hal tersebut.

Kembai ke topik awal,ketika orang tua memperlakukan anak di bawha 5 tahun seperti raja (dilayani, dalam koridor yang benar), maka anak juga akan belajar melayani orang tua dan orang lain.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: