Memiliki Berat badan yang ideal dan Memiliki perut rata adalah dambaan semua orang terutama kaum hawa. Bukan saja perut yang rata / kecil memiliki penampilan  yang lebih baik, tetapi perut yang rata juga berarti resiko penyaki seperti jantung dan diabetes lebih kecil atau perut yang rata adalah salah satu pertanda tubuh anda sehat.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, berikut cara menurunkan berat badan , tentu dengan cara yang sehat dan tanpa obat – obatan tambahan. Tentu cara – cara yang sayaa paparkan di bawah ini telah saya buktikan sendiri, berat badan saya telah turun dari 107 kilo ke 87 kilo atau telah turun 20 kilo, dan saya harus ketukang jahit untuk  mengecilkan baji serta celana yang kedodoran.

Cara cepat menurunkan berat badan

Sarapan Besar dan Rendah Karbo

pexels-photo-103124.jpeg

Saya pernah mencoba diet dengan menghindari sarapan, berat badan memang turub, tetapi tidak bertahan lama, selain itu seharian saya jadi loyo.

Tetapi, sarapan orang indonesia,misal nasi kuning, nasi uduk atau bubur sayam, sangat tinggi karbo ,dan saya ingat  berat  badan saya naik 30 kilo gara – gara makan sarapan di atas selama setahun. Sarapan yang tinggi karbo (nasi, roti) akan membuat berat badan cepat naik sebab tubuh akan dengan cepat mengubah karbo menjadi lemak, sebaliknya sarapan yang tinggi lemak sehat dan protein, misal telor ,daging serta susu akan membuat tubuh meningkatkan metabolisme sehingga membuat kalori yang terbakar menjadi semakin banyak.

Sarapan yang tinggi protein (misal telur, daging, susu rendah lemak) akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang anda bakar di sepanjang hari itu akan meningkat. Dan serapan yang tinggi serat dan protein akan membuat anda kenyang lebih lama.

*kurangi sarapan tinggi karbo seperti nasi putih/uduk/kuning(walau enak bingits)

Ide sarapan sehat :

2 telor goreng / rebus,

Susu rendah atau tanpa lemak

Susu protein

Ikan goreng (minyak sedikit saja

1 Slice roti (lebih baik roti gandum), kalau mau cepat turun berat badan, benar – benar abaikan karbo di pagi hari.

Perbanyak snack ber-ptotein dan atau serat tinggi

pexels-photo-111112.jpeg

Kalau dulu saya snack dengan kandungan gula tinggi (misal cokelat), maka saya mulai mengganti dengan snack yang mengantung protein / serat yang tinggi , misal susu whey protein (merek apa saja, bisa cari di tokopedia, ada yang murah dan ada yang mahal) dan juga serat tinggi, misal agar – agar (rendah atau tanpa gula), dan atau buah – buahan ber serat tinggi, misal Apel, Pisang, Strawberry dan Jambu biji

Perbanyak makan protein

food-dinner-steak-fork.jpg

Kalau anda makan karbohidrat berlebihan, maka karbohidrat tersebut akan diubah menjadi lemak. tetapi beda dengan protein, kalau anda kelebihan protein, maka tubuh akan membuang protein tersebut menjadi urin (makanya kalau kebanyakan daging, kadang pipis bau amonia, untuk membuang kelebihan asam amino)

Jadi usahakan kalau makan malam, terutama makan tengah malam, makanlah protein , misal dada ayam tanpa lemak atau makan ikan. Tetapi hati –  hati dengan santapan daging yang dijual di pasaran, sebab saos – saosnya sering mengandung gula (karbo)

Tips, makan pagi, perbanyak protein, misal  telor ayam daripaada teh gula atau nasi uduk/kuning yang menganduing banyak karbo

Kurangi Makan nasi

broccoli-vegetable-food-fresh-159633.jpeg

Makan nasi memang sudah menjadi budaya indonesia, rasanya tak makan kalau tidak makan nasi. Dan makan nasi tidaklah salah, tetapi yang jadi masalah adalah orang indonesia sudah KEBANYAKAN makan nasi.

Kebutuhan karbohidrat dengan diet 2000 kalori adalah sekitar 100-140 gram Karbo, dan dnalam 100 gram nasi terkandung 28 gram karbo, sehingga seharusnya anda hanya butuh 400 gram – 500 gram nasi saja.  tetapi saya perhatikan rata – rata orang indonesia sekali makan nasi bisa 200-400 gram. Kalikan 2x makan total 400-800 gram nasi, yang berarti sangat kelebihan nasi.

pengalaman saya, perut mulai drastis kempes, setelah saya mulai mengurangi nasi.

Tipsnya adalah, sebelum makan nasi, makan dulu protein, misal daging ayam, ikan atau susu protein. Seetelah itu barulahm akan nasi, sebab kalau protein sudah masuk duluan, nafsu makan akan lebih terkendali daripada kalau nasi yang masuk duluan (kalap biasanya). Apalagi protein dari hewan laut (ikan) akan sangat mengurangi nafsu makan. Oh iya, protein, membantu mengurangi nafsu makan, karbo (nasi) sangat menambah nafsu makan

Resepnya bisa dilihat disini, FREE 

Minum Yogurt RENDAH GULA

pexels-photo-128865.jpeg

Yogurt mengandug bakteri baik yang melancarkan pencernaan, dan pencernaan yang baik akan meminimalisir perubahan gula menjadi lemak. Cek dulu label di yogurt karena beberapa jenis mengandung gula yang sangat banyak. selain itu Yogurt mengandung kalsium yang akan membantu mengurangi nafsu makan.

Jalan Kaki

stairs-man-person-walking.jpg

1 menit jalan kaki membakar 3 Kalori, sebaiknya jalan kaki 15-30 menit pagi – pagi sebelum sarapan, sehingga tubuh akan cenderung membakar lemak. Setelah tubuh bakar lemak, barulah mulai sarapan tinggi protein.

Ide juga ,kalau di mall ada eskalator dan lift, apabila memungkinkan, gunakan eskalator dan sambil naik eskalator, tetap berjalan (ikutan menanjak) sehingga tubuh tetap aktif,

Kalau jalan di mall, kakinya diangkat agak tinggi, sehingga lebih banyak kalori terbakar

TIPS : Dulu saya sering jalan kaki tetapi berat badan tidak turun, karena setelah jalan / olaharag, saya minum minuman manis , misal gula atau makan banyak nasi. Tetapi saat ini saya mulai mengganti dengan susu protein atau makanan yang tinggi protein, hasilnya sangat cepat terasa di penurunan berat badan.

Pelajari Lebih lanjut

Buku Diet sukses turun berat badan

Buku  ini  di dalamnya anda kaan mendapatkan BANYAK SEKALI tips dan makanan sehat yang harganya ternyata SANGAT MURAH, anda bisa menghemat jutaan rupiah setahun dengan makanan – makanan sehat murah yang ada dalam buku ini. Tanpa obat – obatan.

Cover art
Facebook Comments
News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: