Step 1 : Kenali Pola makan yang salah

Langkah pertama dalam menurunkan berat  badan adalah dengan mengenali pola makan yang salah. Kenaikan atau penurunan berat badan, lebih banyak dintentukan dari pola makan. Sekeras atau serajin apapun anda ber-olahrga, tetapi kalau pola makannya salah, maka berat  badan tetap akan naik juga (jika kalori surplus).

Sebagai contoh, Saya adalah seorang penggemar makan pagi, bagi saya makan pagi harus mewah – semewah – mewahnya. Dan sebenarnya makan pagi itu sangat sehat. Tetapi dulu makan pagi saya memang mewah, tetapi mayoritas terdiri dari karbo, antara lain Roti putih, kopi dengan kandungan gula yang tinggi, Nasi kuning, nasi uduk, dan walaupun juga ada telor (proteiin) tetapi porsi protein tergolong rendah dalam makan pagi saya dahulu.

Dulu saya paling hobi makan nasi goreng tengah malam, saya pikir itung  itungan kalori, nasi goreng paling 300-400 kalori, apalagi makan nasi gorengnya setleah nge-gym, rasnaya nikmat sekali. Ternyata ini salah banget.

Mie instan, salah satu makan favorit orang indonesia, paling enak dimakan di tengah malam, saat dingin – dingin dan agak kelaparan :D, ternyata dalam satu bungkus mie instan mengandung karbo yang setara dengan satu piring besar nasi. Sangat sulit menurunkan berat badan jika pola makan mie instan di tengah malam.

Untuk tiap – tiap orang ada pola makan yang harus di ubah untuk mencapai tujuan berat badan, kalau boleh saya daftarkan beberapa pola makan yang akan dengan cepat meningkatkan berat  badan antara lain :

  1. Makan pagi kebanyakan karbo
  2. Makan karbo di malam hari (saat sebenarnya tubuh tidak butuh terlalu banyak makanan)
  3. Minum Minuman Dengan kadar gula tinggi (Kopi dengan gula, soft drink, teh dengan gula)
  4. Makan Sekaligus dalam porsi yang besar
  5. Makan karbo secara berlebihan
  6. Kurang makan protein
  7. Kurang makan serat
  8. Lupa kalau udah makan 😀

Mencatat Makanan

Salah satu tips untuk makan dengan lebih sehat adalah dengan cara mencatat apa saja yang anda makan. Sebab dari pemngalaman saya,kalau tidak mencatat, kadang saya lupa kalau sudah makan.

Selain itu, dengan adanya catatan, kita bisa memantau seberapa sering kita minum gula, saya pribadi masih minum gula, kadang – kadang pagi – pagi minum kopi dengan susu kental manis yang kandungan gulanya tinggi. Tetapi sejak mencatat apa yang saya makan, saya jadi lebih aware dalam memium gula, atau frekuensi saya minum gula menjadi turun.

Ada banyak aplikasi mobile di Play store yang bisa anda download dan instal di HP anda, yang mana APPS tersebut akan membantu anda untuk mencatat makanan yang telah dimakan. Sehingga ketika akan makan lagi, anda akan diingatkan bahwa anda sudah makan 😀 ini sangat membantu.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s