Snack Sehat : Soyjoy VS Fitbar

 soyjoyvsfitbar
Kali ini saya akan me-review SoyJoy VS Fitbar, dimana sepertinya kedua merek snack “Sehat” ini cukup bersaing di pasaran, terlihat kemasannya mirip2 😀
Pada tabel di atas dapat anda lihat nilai gizi yang terkandung pada masing – masing snack Soyjoy maupun fitbar, cumber dari label nutrisi di kemasan.
Kalau hanya mengambil nilai kalori saja, maka fitbar adalah snack yang lebih rendah kalori sebab per bungkus fitbar coklat hanya 90 kalori dan Fitbaru fruit 1110 kalori, sementara soyjoy coklat 150 kalori dan soyjoy raisin 130 kalori.
Tetap kalau kita perhatikan nilai protain pada soyjoy masing – masing 5 gram dan fitbar hanya 3 gram, menjadikan nilai gizi soyjoy lebih tinggi dari fitbar. Sebab soyjoy memiliki 2 gram protein per pack lebih banyak dari fitbar.
Lemak dan gula pada soyjoy juga lebih tinggi, dibanding fitbar. Hal inilah yang membuat kalori pada soyjoy di atas fitbar.
Di sisi lain, fitbar sangat rendah serat, sehingga makan fitbar cenderung cepat lapar, sebab salah satu fungsi serat adalah untuk menahan lapar lebih lama.
Sementara soyjoy memiliki serat 4-5x fitbar. Hal ini akan membuat, memakan soyjoy akan lebih tahan lapar, serta penyerapan gula pada soyjoy akan lebih lambat.
Alhasil, walau soyjoy lebih tinggi kalori dan gula dari fitbar, tetapi tingginya serat pada soyjoy akan membuat penyerapan gula menjadi sangat lambat sehingga meminimalisir gula darah.
Juga tingginya protein pada soyjoy akan membuat nafsu makan menjadi lebih terkendali.
Kesimpulan,
JIka anda ingin snack yang benar – benar rendah kalori pilih fitbar,
tetapi kalau ingin yang lebihtahan lapar dan nilai gizi lebih tinggi, pilih soyjoy unutuk snack.
Tambahan :
Texture soyjoy cenderung alot (agar keras) , jadi mesti berkali – kali dikunya, sementara fitbar, cenderung renyah, mirip wafer.
textur ini penting, makin renyah textur, kita akan makan makin cepat, sementara klo texture alot, kita akan mengunyah makin banyak. dan makin banyak mengungyah, akan membuat lebih kenyang.
Jadi buat yang lagi diet, menurut saya dari sisi texture , bagusan soyjoy, karena memiliki texture yang lebih keras, sehingga harus mengunyahj lebih lama, dan memberikan waktu bagi otak untuk merasa kenyang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s