Berapa Maksimal Gula Sehari ?

Ada yang bertanya, pak, maksimal berapa banyak gula / nasi yang bisa kita makan dalam sehari agar tidak menjadi lemak ?

Jawab :

Untuk mempertahankan berat badan, maka 50-60% dari kebutuhan kalori dapat kita dapatkan dari nasi / karbo/ gula. Yang berarti jika anda diet 2000 kalori, maka 1000-1200 kalori bisa anda dapatkan dari gula / karbo.

1000-1200 kalori ini setara dengan 200-300 gram karbohidrat.

200 – 300 gram karbohidrat ini bentuknya seperti apa ?

100 gram nasi mengandung 28 gram karbohidrat. Yang berarti jika sekali makan nasi +- 200 gram maka dalam 1x makan nasi anda sudah makan 56 gram karbohidrat. Jika sehari 2x makan nasi (makan siang dan makan malam) maka total 112 gram karbohidrat.

Jika ditambah pagi hari anda sarapan nasi uduk, 100 gram nasi uduk, maka total 112 gram karbo + 28 gram karbo di nasi uduk total sudah 140 gram karbohidrat, sehingga tersisa hanya 60 gram karbohidrat untuk memenuhi target 1000 kalori dari Karbohidrat.

60 gram karbohidrat ini, jika anda minum kopi pakai gula, biasanya gulanya +- 10 gram, sisa 50 gram karbo jatahnya.

Sore anda makan gorengan, +- karbo bisa 20-30 gram, sisa 20-30 gram karbo jatah anda

Apalagi kalau anda makan roti, dan perkedel kentang / perkedel jagung pada makan siang / malam, maka anda sudah kelebihan karbohidrat. Ditambah tengah malam mau makan mie instan atau martaak.

Dan kalebihan karbo akan di ubah jadi lemak.

Dan bukan hanya masalah jumlahya karbo, tetapi juga Jenis karbo itu sendiri. Jika makan gula dan nasi yang memiliki Glycemic index tinggi, maka dengan segera lemak akan terbentuk jika anda tidak ber-aktifitas.Inilah sebabnya kenapa beberapa orang rendah kalori, tetapi sulit membakar lemak.

Sebaliknya jika anda makan karbo dengan glyemic index rendah (misal wortel dan bunci), walau kalorinya sama dengan nasi, tetapi karenaa sifatnya slow release, maka lemak yang terbentuk aan lebih minimalisir.

Lagipula biasanya makanan dengan GI rendah jauh lebi mengenyangkan , dan rendah kalori daripada nasi yang memiliki GI tinggi (makan wortel 500 gram lebih mengeyangkan darpada nasi 100 gram)

Jadi solusi menurunkan lemak atau menghindari pembentukan lemak berlebih adalah dengan mengurangi eleman karbo terbesar yang anda konsumsi sehari – hari.

untuk kasus orang indonesia, dari pengamatan saya , Nasi putih, teh dan kopi manis, gorengan , kerupuk, perkedel kentang, perkedel jagung, mie instan , martabak manis adalah makanan makanan yanng harus anda hindari dalam jumlah besar.

Nasi, maksimal 100 gram pe kali makan, martabal 1 piece per kali makan, bukan 1 kotak , hahah asoale sy suka martabak, dan pernah sekali makan martabak 1 kotak 😀 uenak bgt  terus terang 😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s