Suhu dan Waktu untuk Memasak Steak

kdfjsdl

 

Karena pengen kurus dengan budget terbatas, maka saya mau ga mau harus belajar memasak daging sapi dan kambing. Sebagai ilustrasi aja, kalau steak kita beli di resto, harganya Rp. 80-100 ribu, jika masak sendiri cuman modal 20-30 ribu saja. Jadi untuk berhemat saya belajar masak steak serta olahan daging sapi dan kambing.

Dari pengalaman saya, saya simppulkan bahwa hasil steak dan olahan daging sangat dipengaruhi oleh suhu dan juga waktu memasak.

1. Jika anda membeli daging kambing yang memang texturnya keras , maka masaklah dengan suhu yang rendah dalam waktu yang panjang. Saya pernah experimen dan sukses, memasak daging kambing dengan suhu 150 Celsius selama 3-4 jam. Dagingnya di bungkus dalam alumunium foil. dan sangat empuk, bahkan urat- uratnya pun jadi lunak.

teknik kedua adalah dengan memasukan daging yang keras, biasanya daging yang harganya agak murah, seperti iga atau sengkel dan direbus dengan api kecil delama 4-6 jam atau memakai slow cooker

2 JIka anda membli daging yang harganya mahal, misal Tenderloin atau sirloin, maka anda bisa memasak dengan waktu yang sangat singkat , tetapi suhu sangat tinggi, masing- masing sisi antara 2-4 ,menit sesuai selera, memakai panggangan besi yang berat.

3. Kalau suhu rendah dan waktu memasak singkat, ya bisa 2 undercook atau rare done

4. Suhu tinggi waktu masak panjang, jadilah hangus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s