Iga dan Buntut Bakar

Makan siang, edisi pengen banget kurus 😀
Iga dan Buntut sapi Bakar

saya dari dulu penasaran bagaimana buntut dan iga bisa emp[uk, soale dulu setiap kali masak iga dan buntut selalu keras dan susah dikunyah, bahkan pernah gusi sy sakit dan dibawa ke dokter gara2 ada daging yang keras nuruk gusi saya, karena gigi geraham belakang bagian kiri atas, kata dotker kurang cembung sehingga makanan bisa masuk dan menusuk gusi. Sakitnya luar biasa , waktu itu, puji Tuhan ada rumah sakit gigi mulut (RSGM) yang buka 24 jam, jadi sy kesana jam 10 malam, di hari libur pulak.

Setelah say beli slow cooker dan mulai belajar bahwa daging yang keras bisa di empukan dengan suhu sedang dan waktu yang panjang, maka say amulai mencoba.

Karena slow cooker saya kecil, duman 700mL, maka saya menggunakan panci besar, dagingnya direndam dengan air , api besar hingga mendidih, setelah mendidih, api disetel paling kecil dan dimasak selama 3-4 jam.

Alhasil dagingnya BERHASIL EMPUK. Setelah daging empuk, masukan ke kulkas, agar mendingin , dan kemudian dipanggang dengan penggangan, atau kalau mau juga boleh digoreng.

Karena lagi diet rendah karbohidrat, maka saya menggunakan bawang cung sebagai padanan daging. pakai sedikit kecap juga, tanpa nasi 😀

Air hasil rebusan, bisa di gunakan sebagai kuah daging, tambahin bawang putih, garam, pala bubuk, bawang daun, seledri agar lebih ada rasanya.. Dan kalau mau,sajikan dengan emping 😀

Total iga + oxtail, saya beli di indomaret 99 ribu (benernya, di pasar mungkin 70-85 ribu / kg), dapat sekitar 8 potong besar. Di resto 1 potong bisa dihargai RP. 40-50 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s