Review Gula dalam Buah

buahbuahan

Selama ini buah – buahan di persepsikan sebagai makanan sehat, dan memang buah – buahan mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna bagi tubuh. Tetapi beberapa jenis buah, mengandung kandungan gula yang sangat tinggi. Sebagau contoh terdapat 19 gram gula dalam 100 gram nangka.

19 gram Gula adalah jumlah gula yang sangat banyak. Sehingga jika tujuan anda adalah ingin menurunkan berat badan, maka nangka adalah buah yang harus anda hindari.  Sebaliknya strawberry, hanya mengandung 4.9 gram gula per 100 gram nya. Yang berarti anda bisa memasukan strawberry ke dalam menu harian anda jika makan buah selama proses penurunan berat badan.

Dalam tabel di atas, saya mengelompokan warna tabel menjadi 3 warna, yaiu merah, kuning danhijau. BUah – buahan dengan warna tabel hijau berarti rendah gula, yang berarti bisa anda konsumsi, makin ke atas berarti boleh di konsumsi dalam jumlah yang lebih besarm dan makin ke arah merah berarti makan hinhindari. Untuk yang warna kuning boleh dikonsumsi sesekali.

Dalam tabel di atas kruma adalah buah dengan jumlah gula paling tinggi yaitu 63 gram gula per 100 gram kurma, tetapi masuk dalam tabel tengah, karena serat yang tinggi pada kurma ., sedikit meng-kompensasi tingginya gula.

Namun jika anda konsumsi kurma, sebaiknya tetap batasi jumlahnya.

Alpukat sendiri memang cukup tinggi kalori, tetapi rendah gula, kalori alpukat mayoritas berasal dari lemak. karena alpukat adalah buah yang cukup unik dimana hanya alpukat , buah yang mayoritar terdiri dari lemak.

Jika anda menjalani diet rendah karbo dan tinggi lemak (diet keto), maka alpukat adalah salah satu pilihan buah terbaik.

BUah – buahan dengan warna tabel merah (mangga, melon, leci nangka dan anggur) adalah buah dengan gula yang sangat tinggi. Tidak masalah jika anda ingin makan buah – buah dalam tabel merah, tetapi jangan makan buah – buahan ini dengan tambahan gula, (misal dijadikan rujak). Dan juga berikan jeda 2-4 jam dari makan besar. Jangan makan anggur , nangka, leci atau melon sebagai desert.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s