Cara Mengecilkan Perut : Tanya – Jawab

Sya mengumpulan banyak pertanyaan tantang bagaimana menurunkan berat badan dan cara mengecilkan perut, anda yang mungkin punya pertanyaan – pertanyaan yang sama, bisa baca di halaman ini

GTRUS

Penjelasan Resmi menganai #GTRUS dan #DEBM TELOR

================================
GTRUS = Gerakan telor rebus untuk sarapan
Sesuai namanya, telornya HARUS telor rebus, ga boleh goreng (walau DEBM tidam lekarang telor goreng) UNTUK GTRUS telornya harus REBUS !!

GTRUS bisa buat pemula yang baru belajar mengurangi karbo dari makan pagi, Caranya adalah
SARAPAN = 1 telor rebus + air / teh / kopi tanmpa gula / susu kental manis
Jam 9 Pagi = 1 telor rebus + air 3 gelas
Jam 12 SIang = AWALI makan siang dengan 1 telor rebus
setelah itu makan siang dan makan malam sesuai dengan DEBM Normal ( low karbo, tinggi protein/lemak hewani)

==========================
Sementara DEBM TELOR adalah SEHARIAN MAKAN TELOR AJA GA PAKAI yang lain – lain , kecuali makan siang boleh sayuran buat m elancarkan BAB, dan makan telonya batasi 1 butir aja, HARUS REBUS per 3 jam sekali

DEBM TELOR = Untuk yang sudah terbiasa menjalankan DEBM normal minimal 2-3 bulan dan mulai stagnan bisa dibantu dengan DEBM telor

Pola makan DEBM telor =
mulai dari sarapan Makan 1 Telor Rebus (HARUS REBUS)
jam 9 makan 1 telor rebus
jam 12 makan 1 telor rebsu + sayuran yang diijinkan di DEBM
jam 3 sore 1 telor rebus
jam 6 malam 1 telor rebus
Opsional jam 9 malam 1 telor rebus

BUat pemula saran saya jangan langsung DEBM Telor, soale takut tubu kaget,m buat pemula masih oke #GTRUS

============================

Semoga Lekas Kurus !!!

Kak, aku kok seminggu cuman turun 1/2 kilo ? jadi gak semangat nih
pertanyaan : Sebulan turun berapa kilo ?

Ingat bahwa DEBM bukanlah perlombaan dengan orang lain, metabolisme tiap – tiap orang bisa berbeda- beda sehingga hasil yang didapat tiap – tiap orang bisa beda – beda.

Ketika anda banyak konsumsi karbohidrat, maka tubuh akan mengikat banyak air sebab makin banyak anda makan karbo, maka tubuh makin banyak btuh air, sehingga misal berat anda 100 kilo bisa jadi 10 kilonya itu air.

Yang ketika anda berbuah jadi makan daging, 10 kilo air tersebut akan dibuang, sehingga, jika kasus nya makin gemuk, maka di awal – awal juga turun makin cepat,

MIsal dari 100 kg ke 90 kg turun dalam 2 minggu. Ini sering terjadi.

tapi kemudian, makin mendekati Berat badan normal, misal Tinggi anda 170, maka BB normal misal 60-70 , maka makin sulit turun karena lemak sudah kebakar dan prosesntase otot makin tinggi (kita tidak ingin bakar otot)

Sehingga kalau ditanya berapa sih rata – rata penurunan BB yang normal sebulan?

Saya berani jawab antara 1-2 kilo per bulan itu yang bagus

KAlau jadi misal per minggu anda cuman turun 1/2 kilo maka sudah capat target, Bersyukurlah.

Kalau misal bulan lalu and aturun 4 kilo dan bulan ini gak turun, berarti kan rata – raa turun 2 kilo, juga bersyukur karena sudah mencapai target

Apa itu sura ?

Sura merupakan sussu kara

cara membuat Santan Kara + air hangat boleh dikasi garam atau jahe

fungsinya sebagai sumber lemak,

Kapan bisa diminum : Sarapan atau malam sebagai makan malam

untuk sarapan : haya minum kara saja + telos bisa jangan pakagi gula. nasi atau karbo, nti tambah gemuk

malam hari atau sebelum tidur juga bisa minum sura sebagai makan malam

Ga boleh makan nasi ya pak ?

BUkan hanya nasi tetapi juga jenis karbo yang dipantang , antar alain :

Pantang = Kentang, mie, gula, tepung, olahan tepung, ubi, singkong, beras merah, beras hitam, beras ketan

BUah yang dipantang = MAngga, pepaya, pisang, semangka, melon, dll

BUah yang boleh banyak : Alpukat

BUah yang boleh Sedikit : Apel, pir, strawberry, jambu air

Karbo yang boleh banyak : BUncis, wortel, rebung, sayuran daun, lobak

Setelah turun 5 kg seminggu, berat badan stagnan , tak mau turun , kenapa ?

Diet seminggu turun 5 kilo, trus stagnan ?
Banyak yang mengalami dan saya pun alami, ketika mulai diet, kalau anda gendut banget, turun 5 kilo pertama adalah hal yang sangat mudah dicapai., Bahkan ada teman yang sebulan turun 10 kilo.
Namun setelah itu Stuck atau stagnan ga turun – turun. Sudah menghentikan makan karbo tetapi progresnya lambat.
Apa penyebabnya ?
Setelah baca – baca,
Kalau anda pola makannya TINGGI KARBO, maka tubuh akan berada dalam mode menyimpan air. karena karbohidrat , butuh banyak air untuk dignakan sebagai sumber energy, karena itu, ketika anda banyak makan karbo, tubuh menyimpan air, karena anda butuh air.
Namun itu berati ibaratnya anda kemana – mana bawa galon Air hehehehe 😀
Ketika anda berubah ke mode LOW KARBO, maka tubuh mulai membuang air, karena air tidak lagi dibutuhkan sebanyak lketika menggunakan gula sebagai bahan bakar utama.
Sehingga hanya dengan ubah makan pagi doang dari Nasi/buah/kopi gula, 2 minggu bisa turun 1-2 kilo (makin gemuk, turunnya makin banyak), karena anda sudah tidak lagi kelebihan gula (yang mana tubuh makin butuh air ketika banyak gula)
Satu masalah
KETIKA CHEAT DAY, anda makan lagi tuh nasi goreng sepiring, karena anda makan nasi goreng / gula / karbo banyak, maka tubuh kembali akan menganggap anda akan menggunakan gula sebagai bahan bakar utama, sehingga tubuh LANGSUNG menyimpan air, alhasil 1 hari cheat day, BB bisa naik 2 kilo.
Pernahj juga saya alami hehehehehehe, kita turun 5 kilo 1 bulan, naik 2 kilo dalam sehari, macam berasa telan ludah jadi lemak hahahahahaha
Jadi gimana donk ?
Sehingga .. 5-10 kilo pertama itu hanya AIR, bukan lemak dibakar, setelah anda turun 5 kilo dan stagnan, nah disanalah PERJUANGAN anda baru DIMULAI !!!! Cia yo, cemungudh, jangan terlalu cepat cheat… daripada seminggu sekali cheat 1 piring nasi, mending tiap hari makan nasi 1 sendok.. karena tubuh masih bisa toleransi dari pada tiba2 nasinya banyak.
Balik ke topik stagnan,
setelah anda turun 5-10 kilo pertama dan stagnan, tubuh sudah buang air, setelah itu, BB tetap akan turun kalau anda makan rendah karbo.
Tetapi, jangan menghayal lagi sebulan turun 5 kilo, yang normal – normal aja 1-2 kilo sebulan udah oke banget, itu yang sehat. kalau terlalu cepat nti kulitnya nge-gelambir, ga bagus juga kan.
Setelah turun 5-10 kilo pertama, kalau anda ingin lebih cepat turun lagi BB nya, banyakin jalan kaki sambil tetap kurangi karbo
Semoga sukses dan ingat Sehat adalah prioritas, , Penampilan kurus, cuman bonus..Jangan kebalik..

Pertanyaan : Kok bisa, makan lemak tetapi jadi kurus ?

Jawaban :
hierarki pemilihan / prioritas penggunaan energy tubuh dan urutannya adalah
1. Alkohol
2. Karbohidrat
3. Protein
4. Lemak
Lemak berada di urutan terbawah, jadi kalau ga penting2 amat dan kalau tidak terdesak, tubuh tidak akan pakai lemak sebagai bahan bakar. Anda olahraga keras sekalipun,kalau tak terdesak, tubuh ga akan bakar lemak.
Minum alkohol + makan gula, tubuh akan langsung pakai alkohol sebagai bahan bakar dan gulanya langsung disimpan di jaringan Adiposa (lemak)
Anda makan Nasi + Lemak, maka nasi karena sifatnya FAST RELEASE (Gula) langsung jadi energy dan lemak langsung disimpan. Karna tubuh menganggap energynya udah cukup dari nasi, lemaknya disimpan aja.
Makanya kalau mau makan banyak tinggi lemak, jangan makan karbo
Tetapi kalau anda hanya makan protein dan lemak, protein sifatnya slow release, dan juga lemak sifatnya lebih slow release lagi , tubuh akan menganggap energy masih kekurangan (karena tidak fast release seperti karbo dan alkohol), maka tubuh akan terus membakar lemak / tidak menyimpan lemak, karena dianggap masih dibutuhkan untuk aktifitas.
Lebih rumitnya,
Karbo memicu insulin,
kalau ada insulin lemak tersimpan
kalau hanya makan protein dalam jumlah moderat (1 gram per kg bera badan atau 2 gram/kg berat badan jika olahraga), maka Insulin ga akan banyak, sehingga lemak tak tersimpan
 buku diet enak menurunkan berat badan

Pertanyaan : olahraga apa yang bisa mengecilkan perut ?

Jawaban : TAK ADA !!
Olaharga tujuannya bukan mengecilkan bagian tubuh tertentu, sebaliknya olahraga akan mem-besarkan bagian tubuh target.
Tetapi misal anda sit up, rusian twist, olahrag aitu akan MENGENCANGKAN bagian otot perut. Ga kecil ya tetapi mengencangkan.
Mengencangkan berarti , seperti anda tahan napas kecilip perut waktu di foto, itu mengencangkan, kecil sih engga
Kalau anda olaharga dengan target otot perut, otot perut akan menjadi kencang, sehingga tanpa anda sadari, anda speerti tahan napas (tetapi di bawah sadar)
Sisi negatifnya adalah, kalau 1-2 hari ga olaharha, otot perut akan kendor lagi.
Sehingga menurut saya Tidaklah efektif mengecilkan perut dengan olahraga (target perut), sebaliknya malah perut bisa membesar, sebab ketika anda olahraga hanya target oto perut, maka otot perut akan membesar , sementara lemak tidak dibakar, alhasil dobel deh, otot nambah, lemak nambah, penampilan jadi lebih besar perutnya.
Solusinya apa ?
1. kalau mau olahraga full body aja, jangan targetin otot perut.
2. Pakai korset, karena kalau seharian korset tahan otot perut, maka perut lama – lama mengecil juga, dengan resiko aliran darah ke perut tidak lancar
3. Mengurangi makan karbo, sehiingga lemak bisa dibakar.
tambahan :
Dulu waktu perut gede banget, sy sempat stress, bukan gara2 perut yang gede, sy sih sayang sama perut sy 😀 hahaha.. tetapi karena ingin perutnya jadi kecil, celana tak muat, sy lantas melakukan SIT UP, berkali – kali , bahkan di atas 50x sehari ,dengan tujuan untuk mmenghilangkan lemak di perut.
Tetapi karena tak kunjung menunjukan hasil, sy stress dan akhirnya berhenti sit up.
Ternyata setelah saya pelajari, kita ga bisa menargetkan membakar lemak di suatu posisi tertentu.
Misal ingin lemak perut hilang,ga bisa hanya dengan sit up, karena pada dasranya sit up akan membesarkan dan menguatkan otot perut, tetapi tidak akan menghilangkan lemak di perut.
Ketika kita sit up dan membutuhkan energy,m maka tubuh akan membakar gula, dan kalau gulanya habis, tubuh akan mulai membakar lemak.
tetapi bukan hanya lemak di perut saj ayang terbakar, tetapi juga smeua lemak di seluruh tubuh.
Sebaliknya kalau anda hanya jalan kaki, walau banyakan otot kaki yang bergerak, tetapi ketika tubuh butuh lemak untuk dibakar, maka tubuh juga akan membakar lemak di perut dan seluruh tubuh.
Sehingga TUJUAN sit up adalah untuk membesarkan dan menguatkan otot perut. BUKAN untuk membakar lemak KHUSUS perut.
Kesimpulannya, kalau ingin perut rata, mesti jaga makan agar tidak terjadi penumpukan lemak tambahan (kurangin karboo) dan olahraga menyeluruh, jangan targetin perut doang. karena tubuh akan membakar seluruh lemak di seluruh tubuh.
/

pertanyaan : Stl ikutin dietnya, saya turun 4 kg dlm dua minggu, tapi kog kalo saya timbang di Karada Scan, persentase lemak di badan saya gak turun yah?

jawab :
Ketika anda mulai katakan “let it goo” pada karbohidrat, maka berat badan akan turun drastis, bisa hingga 4 kilo sebulan bahkan lebih tergantung berapa berat sebelumnya.

Ketika mengurangi atau mengganti karbo dengan protein dan lemak, maka kedua makro nutrisi tersebut (lemak dan protein) akan meningkatkan pembuangan air dari dalam tubuh.

Dan hal inilah penyebab kenapa di awal diet , BB turun dengan drastis, tetapi ingat itu bukan lemak yang dibakar, tetapi air yang kebuang.

Nah kalau anda tetap bertahan diet rendah karbo, maka pelan – pelan lemak di tubuh akan mulai dibakar karena tubuh akan mulai mengubah MODE dari menggunakan gula sebagai bahan bakar, menjadi lemak sebagai bahan bakar..

Tetapi jika anda kembali lagi makan karbo, maka tubuh akan mulai lagi menyimpan air, sehingga kadang2 udah turun 4 kilo, makan nasi dikit aja, naik lagi 2 kilo ahahahahahahahahahaha

buku diet enak menurunkan berat badan

Pertanyaan : klo ga makan karbo, nti lemas pak ???

Jawab : Sy ga makan karbo, tetapi bisa push up 55x semenit,

Pertanyaan : saya ingin mengikuti diet tinggi protein, tetapi takut tubuh nanti jadi asam karena kebanyakan proteiin

Jawab :

Apapaun yang kebanyakan pasti tidak baik, hujan kebanyakan pun jadi banjir, musim kemarau berkepanjangan jadi kekeringan 😀

Tentu protein yang kebanyakan pun tidaklah baik. Kebanyakan protein bisa menyebabkan masalah di ginjal (kerja ginjal jadi berat)

Nah definisi kebanyakan disini mesti di spesifikan.

Per hari manusia dewasa butuh 1 gram protein per kg berat badan, misal berat saya saat ini 77 kg, maka say abutuh MINIMAL 77 gram protein jika tidak banyak olahraga, tetapi karena say aolahraga mungkin butuh 2x lipatnya

Anggap saya butuh 77 gram protein sehari
Maka apa saja yang perlu saya makan ?

Daftar sumber 77 gram protein
– 12 butir telor ( 1 butir +- 6.5 gram protein)
– 350-400 gram daging sapi tanpa lemak
– 35-40 tusuk SATE !!!!!!
– 250 gram daging ayam tanpa lemak
– 9 Kotak susu UHT 250 mL
– 350-400 gram daging ikan salmon / tuna
– 3-4 gelas susu protein

Jadi, selama tidak meng-konsumsi susu protein, sangat jarang orang indonesia khususnya bisa kelebihan protein, sebab kita rata2 makan nasi sepiring, ayamnya cuman sepotong.

Paling mewah juga nasinya sepiring, sate 10 tusuk, itung2 cuman 20-30 gram protein.

Sementara klo karbohidrat, dengan asumsi 50% enegy dari karbo, anda butuh 100 kalori dari karbo = 250 gram karbohidrat, maka 250 gram karbo ini sangat mudah di lebihkan

Makan siang nasi 200 gram aja sudah sekitar 60 gram karbo, makan malam juga 200 gram nasi, sore minum kopi pakai gula, pagi – pagi nasi kuning, belum lagi kerupuk, gorengan dan buah2an,

Jadi kelebihan protein , selam atidak konsumsi susu protein, sangat susah, kalo kelebihan karbohidrat, sangat mudah.

Pertanyaan : manakah lebih bergizi, kuning apa putih telor ?

Berikut adalah data nilai gizi putih, kuning serta telor utuh per 100 gram

telordfgfd

Dari data tabel , terlihat bahwa kuning telor adalah bagian dari telor yang paling tinggi nilai gizi, dengan lemak 27 gram dan protein 16 gram.

Perbandingan protein pun, kuning telor memiliki protein 16 gram dan putih telor hanya 11 gram proteoin.

Lemak pada kuning relor sendiri terdiri dari MonoUnSaturated fat 12 gram dan Saturatedfat 10 gram, jadi kuning telor merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh, walau juga mengandung lemak jenuh.

Dari tabel ini sudah terlihat bahwa kuning telor adalah bagian telor yang paling bergizi. Namun jika anda hanya ingin protein doang, maka putih telor adalah pilihan yang lebih baik.

Nasi VS Mie Instan mana yang bikin gemuk ?

kl di suruh milih makan
1.Nasi + ayam goreng
atau
2. Mie Instan + ayam goreng

lebih baik makan yg mana biar ga cepet gendut dengan asumsi porsi nasi /mie instan sama..ayam goreng jg sama ?

Jawaban :

hahaha…berarti yang dibandingkan adalah NASI VS MIE INSTAN ya 😀 klo dari segi gizi, dengan porsi yang sama terus terang mie instan kalori lebih tinggi ya.. Jadi masih mendingan nasi + ayam goreng sih.. .. karena dengan bobot yang sama, mie instan lebih padat kalori…

Tetapi klo kita pakai KALORI (bukan bobot) maka mendingan mie instan daripada nasi, soale mie instan protein lebihh tinggi sehingga benernya lebih mengenyangkan

Makan daging, Biaya diet besar ya pak?

Wah , biayanya pasti besar ya”
jawab :
benernya biaya diet makan daging tergolong murah, justru makan karbo yang mahal.

Sebagai contoh, 300 gram daging ayam harganya cuman 12 – 14 ribu. Dan cobain deh, makan ayam (tanpa gula atau kecap juga tanpa nasi) stengah kilo sehari saya pernah coba, dan di 400 gram saya sudah kuenyang banget.

TAPI kalau pakai nasi pasti keterusan tuh makan-nya.

Basicly makan karbo bikin kita susah puas dan susah kenyang, alhasil, memang nasi murah, tetapi lain2nya bisa mahal karena kita ga kenyang – kenyng.

Sebaliknya makan protein, misal yang paling murah aja, daging ayam, tanpa lemk dan tanpa kecap, dipanggang atau rebus biasa aja… bikin cepat kenyang, sehingga ujung2nya pengeluaran mlah bisa lebih kecil.

Contoh lain, harga snack yang tiggi karbo, misal kerupuk atau snack2 yang dijual di minimaret bisa mencapai 10 ribu , makan itu sama sekali ga kenyang tapi coba makan telor 8 biji (10 ribu juga), pasti kuenyang luar biasa.

Tapi kalau anda mau edisi borosnya juga bisa, makan daging ayamnya, di restoran Jepang/prancis hahahaha

wah makan e butter, casio, dan lemak2.. koq bisa turun tonase 26kg bro..? ajarin donk”

jawab :

Semua tergantung TEMAN nya 😀
Tubuh punya mekanisme untuk menyimpan atau membuang kelebihan makanan. Mekanisme itu ada di INSULIN dan GLUCAGON

kalau anda makan lemak – lemakan dengan karbo (misal steak sirloin yang banyak lemak dengan kentang goreng), maka kentang goreng akan memicu insulin dalam jumlah yang besar,m sehingga lemak langsung disimpan

Tetapi jika anda makan lemak dengan sedikit sekali atau tanpa karbohidrat (hanya steak doang atau lemak doang) maka itu tidak akan meniumbulan insulin. Dan kalau insulin tidak ada, maka kelebihan lemak tidak akan disimpan

jadi gunanya insulin adalah untuk MENYIMPAN.

Kabar baiknya lagi, kalau insulin tiada atau rendah , maka glucagon meningkat . Dan kalau glycagon meningkat, maka lemak akan mulai dibakar.

Jadi ingat, lain kalau kalau makan steak, sate, jangan pakai karbo (nasi, lontong, kentang, cookis, bahkan kecap pun minimalisir, dikit aja buat rasa2 gpp laaah)

Sarapan Pepaya (buah) boleh ga ?

boleh – boleh aja, tapi lebih baik lagi sarapan tinggi protein.

olah raga yg ideal per hari brp jam Robet?

ga ada aturan khusus, sy antara 30 menit – 1 jam aja hehe… 
2 kali seminggu saya fitness, hari – hari lainnya sering cuman jalan kaki 30 menit atau jogging 15 menit

Pertanyaan : apa kegunaan lemak ?

JAwaban : lemak adalah makro nutrisi (dibutuhkan dalam jumlah besar) yang sangat bermanfaat bagi tubuh
Untuk Diet sendiri,
Lemak berguna agar merasa kenyang lebih lama, karena sifat dari lemak adalah nutrisi yang paling slow release dibanding protein (moderate time release) dan karbo (paling fast release) .
Sehingga kalau anda makan karbo cepat lapar, makan lemak, lama baru lapar lagi.
Lemak berguna agar merasa kenyang. Sbagai perbandingan, saya pernah minum susu non fat dan full cream, dan terasa lebih kenyang yang full cream. Telor utuh juga lebih mengenyangkan dari putih telor doang, dan terasa lebih enak 😀
Makan butter terus terang lebih mengenyangkan dari makan nasi.
Lemak juga membuat makanan menjadi lebih enak, sehingga untuk diet rendah karbo, lemakn menjadi suubtitusi yang membuat makanan lebih mudah ditelan (karena enak)
Selain buat diet
Lemak berfungsi untuk banyak sekali hal dalam tubuh
– Otak kita terdiri dari banyak lemak (KOLESTEROL), jadi kalau anda terlalu batasi kolestrol, bisa2 fungsi otak terganggu. Bahkan kolestrol itu diproduksi tubuh (karena tubuh butuh kolestrol)
– Lemak melarutkan beberapa vitamin, sehingga kalau kurang lemak, vitamin kebuang, ga jadi guna
– Lemak (kolestrol) merupakan bahan dasar vitamin D, tinggal kena matahari, kalau tubuh ada kolestrol, dibuah jadi vitamin D
Jadi, jangan takut lemak 😀

Pertanyaan : Bisa ga pak, turunkan berat badan hanya dengan mengubah pola makan tanpa olahraga ?

jawaban : Bisa banget
Bahkan penurunan berat badan lebih ngefek ke pola makan daripada olahraga.
Dan saya olahraga, agar kurus saya berkualitas, klo ga olahraga nanti isteri nyuruh angkat galon aja ga bisa, kan repot 😀
Saya dulu pernah Fitness , seminggu 3-4x , dijelaskan sama trainer untuk olaharga ini itu, tetapi berat badan tak turun signifikan. cuman turun 5 kilo, trus ga mau turun lagi.
Bahkan kadang naiknya cepat, hal ini bikin say frustasi, dan akhirnya sempat berhenti fitness (udah bayar mahal mahal, pakai personal trainer tetapi ga juga sukses)
Ternyata setelah saya pelajari lebih lanjut, kesalahan utama ada di pola makan
yaitu :
Habis fitness saya makan nasi, GAGAL lah semua usaha saya hahaha, sia – sia dan percuma hehehe
Setelah saya mengubah pola makan, dan lanjut lagi fitness, saya menemukan bahwa berat badan saya turun dengan cukup cepat dari sekitar 95 hingga ke 85 dengan cepat. Pola makan yang saya ubah hanya menghentika asupan gula, nasi (karbo) dan menggantinya dengan protein.
tetapi lemak di perut masih banyak, saya terus belajar bahwa untuk menhilangkan lemak yang “membandel”, harus “bakar lemak dengan makan lemak”
Tujuannya adalah membiasakan tubuh memakai lemak sebagai bahan bakar.
Dan saya pun mulai mencoba memakan lebih banyak lemak, misal telor dan butter lebih banyak lagi.
Dan dari 85 (tahun lalu) saya turun secara stabil per minggu 0,5-1 kilo dan saat ini berat badan saya 77,7 tanpa menambah olahraga. (Olahraga normal ga ditambah)
Leih banyak tanya jawab :

One thought on “Cara Mengecilkan Perut : Tanya – Jawab

  1. Tere

    Saya Ga gemuk alias lengan kecil…paha kecil standarlah tp perut aja yg buncit jadinya celana2 udah pada sesak…
    Gmn cara mengatasi perut Buncit…

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s