hierarki pemilihan / prioritas penggunaan energy tubuh dan urutannya adalah
1. Alkohol
2. Karbohidrat
3. Protein
4. Lemak
Lemak berada di urutan terbawah, jadi kalau ga penting2 amat dan kalau tidak terdesak, tubuh tidak akan pakai lemak sebagai bahan bakar. Anda olahraga keras sekalipun,kalau tak terdesak, tubuh ga akan bakar lemak.
Minum alkohol + makan gula, tubuh akan langsung pakai alkohol sebagai bahan bakar dan gulanya langsung disimpan di jaringan Adiposa (lemak)
Anda makan Nasi + Lemak, maka nasi karena sifatnya FAST RELEASE (Gula) langsung jadi energy dan lemak langsung disimpan. Karna tubuh menganggap energynya udah cukup dari nasi, lemaknya disimpan aja.
Makanya kalau mau makan banyak tinggi lemak, jangan makan karbo
Tetapi kalau anda hanya makan protein dan lemak, protein sifatnya slow release, dan juga lemak sifatnya lebih slow release lagi , tubuh akan menganggap energy masih kekurangan (karena tidak fast release seperti karbo dan alkohol), maka tubuh akan terus membakar lemak / tidak menyimpan lemak, karena dianggap masih dibutuhkan untuk aktifitas.
Lebih rumitnya,
Karbo memicu insulin,
kalau ada insulin lemak tersimpan
kalau hanya makan protein dalam jumlah moderat (1 gram per kg bera badan atau 2 gram/kg berat badan jika olahraga), maka Insulin ga akan banyak, sehingga lemak tak tersimpan

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: