Yang lagi HAMIL/MENYUSUI
DEBM benernya menyarankan setelah MPASI,
tapi ada beberapa makanan yang benernya tubuh anda ga terlalu perlukan dalam jumlah besar, namun karena lagi hamil/meyusui , anda butuh lebih banyak protein sehingga NAFSU MAKAN , membesaar !!

Kalau pola makan anda salah, tau2 nti bayinya tetap ringan, tapi badan anda yang besar banget. Sebelum ikuti artikel ini lebih baik tanyakan atau konsul lagi kedokter, sapa tau anda ada kondisi medis khusus yang memang butuh lebih banyak gula.

Saat isteri sy hamil, kita perbanyak makan ikan, kurangi gorengan tepung/kerupuk karena disuruh dokter kurangi makan di luar dan kurangi makanan olahan. Alhasil isteri sy BB Naik 15 kilo aja tapi bayinya lahir mendekati 4 kilo.

Aneka makanan yang bisa anda KURANGI atau HENTIKAN pemakaiannya SUPAYA KURUS, tanpa terlalu ganggu aktvitas Normal.

Misal anda lagi hamil atau menyusui, beriku daftar makanan karbohidrat yang benernya ga terlalu penting, yang bisa anda hentikan , serta GANTI dengab Telor/ikan/Daging yang memiliki nilai gizi JAUH LEBIH tinggi

antara lain :

– Kerupuk,bener2 dihindari (kecuali kerupuk kulit tanpa tepung)

– Baso, pempek aneka olahan tepung, batasi ganti dengan telor/ikan

– Teh/kopi manis -> Ganti dengan edisi tawar tanpa gula/krimer

– Nasi -> Kurangi sebagian , ganti dengan wortel/buncis

– GUla cair dalam bentuk apapun misal soft drink, H INDARI

– minuman vitamin bergula -> Ganti dengan vitamin dalam bentuk kapsul

– Minuman buat panas dalam bergula -> ada edisi yang tanpa gula

-TAhu/Tempe -> Ganti dengan ikan/ telor

– Mie / Bihun -> ganti sebagian dengan sayuran atau telor/ikan

– Jika perlu makan buah, maka makanlah secara bertahap, jangan langsung habiskan pepaya sekilo dalam 1 jam 😀 makannya bertahap lebih baik

Krupuk, nasi, sangat minim Vitamin, dan kenapa saya anjurkan buncis, wortel serta prtein hewani, karena kaya akan vitamin dan mineral serta protein yang dibutuhkan oleh bayi.

Misal anda lagi minum Susu buat Menyusui/Hamil, HINDARI mengkonusmi susu tersebut berdekatan dengan karbo lain misal nasi. Kasi jarak minimal 1 jam, sebab susu hamil/menyusui rata2 sy amati karbo cukup banyak, jangan di dobel pakai nasi.

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: