Cek List Pola Makan
001
Begitu banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan.  Bahkan kita rela melakukan apapun asalkan kita bisa jadi kurus, meskipun menyiksa diri sendiri sepertinya itu tidak jadi masalah. Misalnya saja kita memilih menahan lapar, karena kita berpikir bagaimana kita bisa kurus kalau kita makan terus. Kekeliruan yang akhirnya membawa kita ke rumah sakit karena terserang maag atau penyakit lainnya karena kita kekurangan nutrisi. Padahal untuk kurus itu kita hanya harus memperbaiki pola makan. Tetap bisa makan tapi bisa kurus juga itu adalah keinginan kita, bukan ?
002
Pernah gak sih kalian denger ada orang yang bilang kalau sarapan itu bikin gendut ? Kalau saya sering banget denger orang – orang bilang begitu. Padahal sarapan itu selain penting bagi kesehatan kita seperti melindungi kesehatan jantung, menambah sistem imun dan menambah konsentrasi  juga penting bagi proses menurunkan berat badan. Kenapa ? Karena sarapan membuat sistem metabolisme bekerja dengan stabil. hingga pembakaran lemak terjadi optimnal dan maksimal. Makanya bagi kalian yang ingin kurus tapi ga sempet siapin sarapan, siapin aja 1 butir telur saat sebelum tidur, jadi paginya tinggal makan aja, praktis kan ?
003
Tapi kita juga harus perhatikan makanan yang akan kita  makan untuk sarapan. Kalau kita salah makan bisa jadi seharian kita bakal ngantuk atau makin gemuk. Sebenarnya makanan yang baik untuk sarapan itu makanan yang tinggi protein dan rendah karbo atau tanpa karbo sama sekali. Jadi bagi kalian yang sarapannya masih makan karbo misalnya nasi, kentang, ubi, roti atau buah yang selain buah alpukat segera ganti dengan telor, keju, ikan, daging, alpukat atau sate plain.
006
Pasti banyak dari kita yang gak tega kalau liat makanan masih banyak udah mau dibuang aja. Dalam hati ‘Aduh daripada dibuang mening aku makan aja deh’. Memang buang – buang makanan itu gak baik, tapi akan lebih gak baik kalau kita paksain masuk perut kita apalagi kalau makanannya adalah makanan pantangan. Jadi mulai sekarang harus belajar tega demi kebaikan kita juga kok 😀
007
‘Ngemil kerupuk boleh kali ya, kan ringan sama gak ada lemaknya’. Gak makan nasi, gak makan mie tapi makan kerupuk setoples gede. Padahal kan komposisi kerupuk pakai tepung juga, tepung kan karbo 🙁 karbo kan pantang. Jadi sekarang tau kalau kerupuk pantang, mulai sekarang stop ngemil kerupuuk. Kalau gabisa berhenti ngemil cemilannya boleh diganti dengan telor, ikan, satu atau keju.
008
‘Buah kan sehat, jadi makan buah banyak – banyak pasti bagus dong buat tubuh kita’ atau makan buah sebagai cuci mulut setela sebelumnya makan nasi. Sering banget kita salah paham tentang pola makan. Buah memang baik, tapi segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Makan buah secukupnya saja di siang hari dan sudah tidak makan nasi.
009
Dulu kita berpikir bahwa penyebab kegemukan adalah kebanyakan makan daging dan lemak. Justru yang benar adalah sebaliknya, kekurangan makan daginglah yang bikin gendut. Alasannya karena daging adalah sumber protein , protein adalah nutrisi yang sangat mengenyangkan dan dapat membantu kita mengendalikan nafsu makan. Maka dari itu mulai sekarang prioritaskan makan daging sebelum makan nasi, kentang, tepung, ubi.

010

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: