Resep Cemilan ala DEBM

Resep cemilan ala DEBM

 

Bagi sahabat DEBM yang suka kangen mantan saya paham banget kok rasanya tuh gelisah, galau, bingung ya gitu deh pokoknya. Karena pingin makan makanan yang dulunya adalah favorit kita banget tapi takut berat badan naik lagi. Tapi seiring berjalannya waktu saya dan member debm juga semakin meningkat nih kreativitasnya dalam memasak. Yaa namanya juga usaha gimana pun caranya pingin tetap makan enak, makan makanan yang disukain tapi tetap kurus, langsing, dan sehat. Berikut resep makanan yang mungkin juga dulu adalah favorit kamu yang asalnya pantang jadi boleh di DEBM :

  1. Risol DEBM

Siapa sangka risoles yang dulunya pantang karena terdiri dari beberapa bahan yang pantang di debm seperti terigu dan kentang kini bisa kamu makan loh dengan syarat ada beberapa bahan yang harus dihilangkan. Gak usah bingung, dibawah ini ada resep risoles yang mungkin bisa kamu coba.  J

Bahan – bahan :

Bahan isian :

  • 100 gram dada ayam, potong dadu
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus toge panjang (optional)
  • Secukupnya Bawang bombay
  • Secukupnya Bawah merah
  • Secukupnya Bawang putih
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada
  • 1 sdm saos tiram (optional)
  • Bon cabe (optional)
  • Wortel (optional)
  • Daun bawang (optional)

Bahan Kulit :

  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok makan minyak
  • Bon cabe (optional)

 

Bahan pelapis :

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Secukupnya Garam,lada
  • Minyak untuk menggoreng

 

By : @Panky Mandasari

  1. Tahu KW DEBM

Nah ini juga nih yang sering ditanyain sama member DEBM. Tahu boleh gak sih ? Jadi tahu itu sebenarnya termasuk makanan yang pantang di DEBM karena tahu termasuk ke dalam golongan protein nabati sementara DEBM sendiri hanya mengkonsumsi protein hewani. Kenapa protein nabati pantang ? Singkatnya karena protein nabati mengandung karbo yang cukup tinggi menurut DEBM dan juga dapat meningkatkan nafsu makan jadi lebih besar. Mungkin karena banyak member debm yang gak bisa lupa sama tahu, akhirnya terciptalah Tahu KW DEBM berikut resepnya:

Bahan – bahan :

  • 1 blok keju ( bebas merk)
  • 4 butir telor
  • santan kemasan 200ml
  • bawang putih
  • jahe
  • garam
  • penyedap rasa
  • sedikit minyak

Cara buat

  • Parut keju
  • Campur semua bahan bahan jadi satu aduk hingga tercampur rata
  • Kukus 25mnit
  • Diamkan hingga dingin lalu potong2 bisa di nikmati langusng / goreng

 

By : @Ning Rasteni

 

 

  1. Lumpur Surga DEBM

Jangang pernah lupain makanan yang lagi naik daun ini nih 😀 Yap betul Lumpur surga yang gak tau siapa penemunya ini bisa bikin kita lupa sama mantan – mantan yang dulu bikin gemuk hehe. Penasaran kan gimana rasanya ? Langsung coba bikin aja yuk liat resepnya di bawah ini J

Bahan – bahan :

Adonan hijau :

  • 2 butir telur
  • 3 sachet sun kara @65ml
  • 5 lbr daun pandan + 5 lbr daun suji blender dgn air 70 ml,saring
  • 5 sachet Diabetasol (bs tambah klo suka manis)
  • Secukupnya garam

 

Adonan putih :

  • 2 sachet sun kara @65 ml
  • 1 sachet nutrijel plain
  • 100 ml air
  • Secukupnya garam

 

By : @Tati Agie / Agie Rianda

 

 

  1. Mille Crepes DEBM

Akhirnya ketemu juga resep alternatif dari makanan yang dulunya favorit saya hehe. Recomended makan banget deh pokonya buat member DEBM yang lagi kangen makan makanan manis atau yang lagi pingin makan kue-kue.

 

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus agarasa coklat
  • 2 butir telur
  • 100ml susu uht
  • Secukupnya keju
  • Secukupya cheese cream / whip cream / plain butter cream

Cara Membuat :

  • Kocok telur, lalu tuang agarasa dan susu uht sedikit demi sedikit sambil aduk sampai adonan ratas
  • Panaskan wajan beri sedikit butter lalu tuang adonan sedikit-sedikit (bentuk lingkaran) jika sudah matang angkat biarkan hingga dingin, lakukan terus sampai adonan habis
  • Olesi dengan cheese cream / whip cream / plain butter cream di tiap lembarnya, lalu tumpuk tiap crepe yang sudah diolesi cream.
  • Beri 1 sachet gula diabetasol / tropicanaslim jika inin ada rasa manisnya (optional)

 

 

  1. Keripik Pangsit DEBM

Jangan heran, jangan bingung ya kenapa boleh makan pangsit padahal pangsit terbuat dari tepung dan harusnya pantang. Dan jangan mengira DEBM merubah aturannya ya, pangsit yang dari tepung tetap dipantang untuk dimakan oleh member DEBM. Pangsit yang dimaksud disini bukan pangsit yang sering kita temui di di tukang mie ayam atau bakso, tapi pangsit ini terbuat dari keju !! Kok bisa ? Gimana caranya ?

 

Bahan-bahan :

  • Keju Slice
  • Cabai bubuk

Cara Membuat :

  • Keju slice dipotong bagi empat, lalu masukan ke loyang yang sudah diolesi sedikit margarin
  • Masukan ke dalam oven beberapa menit sampai warnanya agak kecoklatan, lalu angkat, sajikan, bisa ditambah cabai bubuk untuk taburan, bisa juga disimpan dalam toples untuk cemilan.
  1. Kue Keju DEBM

Udah deh mulai sekarang gausah kangen sama mantan lagi kalau nyatanya makanan DEBM juga lebih enak dari makanan yang dulu-dulu 😀 Kalau gak percaya, harus cobain kue yang satu ini, lansung coba setelah liat resepnya ya J

Bahan – bahan :

  • 1 bungkus agaragar swalow
  • 1 bunngkus agaragar nutrijel
  • 2 butir telur
  • Secukupnya keju parut

Cara membuat :

  • Masukan semua bahan ke dalam mangkuk/wadah (Campur semua bahan)Aduk rata pakai sendok
  • Goreng hingga kecoklatan dengan Margarin lebih gurih
  • Sajikan bersama kopi hitam biar lebih mantap 😀

 

  1. Martabak Telur DEBM

Yang biasa dicemil dulu kalo malam-malam itu pasti martabak telor. Identik banget pokoknya malam hari sama martabak telor tuh, jadi kurang lengkap sang malam kalau tanpa martabak telur hehe. Tapi karena martabak telur yang biasa kita beli di tukang dagang itu kulitnya pakai tepung akhirnya membuat kita harus mengucapkan perpisahan pada martabak telur, meskipun isinya telur. Tapi sekarang kita bisa bertemu lagi dengan martabak telur setiap malam loh, lihat resepnya dibawah ini ya 😀

Bahan – bahan :

  • 1 ons daging sapi giling / cincang
  • 2 butir telur
  • 1 siung bawang bombay
  • Secukupnya garam dan penyedap

Cara Membuat :

  • Iris2 kecil bawang bombay
  • Campurkan daging sapi, telur,bawang bombay beri secukupnya penyedap, garam lalu kocok hingga semua tercampur
  • Panaskan sedikit minyak diwajan lalu masukan telur dengan rata kedalam wajan dengan api kecil,lalu biarkan beberapa menit, balikan dana biarkan beberapa menit hingga aga kecoklatan
  • Angkat dan potong2 sesuai selera lalu sajikan.

 

Nah tadi itu beberapa cemilan ala DEBM. Rasanya ga kalah dari makanan dulu yang suka kita makan kok malah kayanya sih lebih enak ini. Jadi udah gak ada alasan buat comot – comot atau kangen mantan kalau kita udah dapet penggantinya. Kalau gak percaya coba aja eksekusi resep – resep diatas, setelah coba pasti kamu setuju dengan saya J

 

Facebook Comments

News Reporter

Leave a Reply

%d bloggers like this: